Selamat Datang di Blog Asli Wong Indonesia, Semoga Bermanfaat.....! MEMBANGUN DESA BERBASIS MASYARAKAT

Kamis, 19 November 2015

MEMBANGUN DESA BERBASIS MASYARAKAT

Tidak ada komentar:
Dalam konteks desa, diskursus yang menarik mengenai pembangunan adalah mengenai perbedaan antara pembangunan dengan rapat 1
aspal jalanpemberdayaan, bahkan isu ini belum bergeser pasca diterbitkan UU Desa. Kenapa hal ini menarik, dikarenakan bahwa pembangunan sebagai alat atau sarana mensejahterakan rakyat tidak lagi dianggap sebagai pendekatan tunggal.
Ketika orang mulai menoleh pada kemungkinan adanya pendekatan baru tersebut, maka pendekatan pemberdayaan dianggap sebagai harapan baru yang menjanjikan. Pandangan yang mewakili kebutuhan baru terhadap pendekatan pemberdayaan meyakini bahwa pada konteks masyarakat desa, ada bagian mendasar di masyarakat desa yang justru tidak bisa disentuh jika hanya menggunakan pendekatan pembangunan.
Pendekatan pemberdayaan menggunakan konsep pembangunan yang berakar di masyarakat, artinya dinamika dan perubahan di masyarakat merupakan sumber konstruksi konsep pemberdayaan.
Pembangunan Berbasis Masyarakat :
Jika pembangunan terutama sekali mengkaitkan hubungan pokok antara negara dengan kapital, maka pendekatan pemberdayaan bertumpu pada demokratisasi, desentralisasi dan partisipasi masyarakat.
Perbedaan yang paling mendasar terletak pada pilihan konsentrasi perlakuan terhadap masyarakat. Pendekatan pemberdayaan berupaya menempatkan masyarakat sebagai subyek pembangunan, dan tidak boleh menjadi obyek pembangunan semata-mata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
back to top