Selamat Datang di Blog Asli Wong Indonesia, Semoga Bermanfaat.....! CARA INSTAL DAN MANUAL APLIKASI FRONT END PAUD DIKMAS VERSI 3.0.0 TAHUN 2016

Minggu, 14 Agustus 2016

CARA INSTAL DAN MANUAL APLIKASI FRONT END PAUD DIKMAS VERSI 3.0.0 TAHUN 2016

1 komentar:
Selamat beraktifitas rekan-rekan operator TK/Paud Dikmas, semoga senantiasa diberikan kesehatan dan kemudahan dalam menjalankan aktifitasnya. Memasuki Tahun pertama pelaksanaan Renstra Pembangunan Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2015-2019, Ditjen PAUDNI telah menetapkan kebijakan dan program pembangunan pendidikan anak usia dini dan pendidikan masyarakat yang mencakup bidang garapan dan sasaran yang luas. Hal itu seiring dengan adanya kebijakan pemetaan organisasi dan tata kerja di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pemetaan organisasi dan tatakerja itu membawa konsekuensi terhadap perubahan kewenangan pendataan dari PDSP ke masing-masing unit utama. Pendataan Program PAUDNI, sejak Tahun 2011 telah menggunakan sistem dan aplikasi pendataan berbasis WEB, dengan melibatkan berbagai elemen dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sampai dengan Dinas Pendidikan Provinsi/Kab/Kota di seluruh Indonesia. Memasuki tahun pelajaran 2016/2017 Aplikasi Dapodik Paud Dikmas, telah memasuki generasi ke 3, Aplikasi dapodik Paud versi 3.0.0 tahun 2016 banyak hal-hal baru sungguh cukup banyak berbeda pada dapodik Paud versi terdahulu. Tidak hanya tampilan namun juga berbagai fiture yang harus rekan operator ketahui dalam persiapan nya untuk penginputan Data Pokok Pendidikan.

Bagi yang sudah pernah menggunakan Dapodik Paud pada semester lalu, silahkan uninstall dahulu Dapodik versi lama (2.x.x), baru kemudian install Dapodik versi baru (3.0.0) lalu registrasi ulang menggunakan email dan password yang digunakan pada semester lalu secara on line.



Bagi yang belum pernah menggunakan Dapodik Paud, langsung silahkan Install Dapodik Versi terbaru (3.0.0) kemudian lakukan registrasi menggunakan email yang aktif dan dapat di akses seperti email dan pasword yang telah digunakan pada semester sebelumnya.

Setelah menginstall dan meregistrasi Aplikasi Baru (3.0.0) selesai terlebih dahulu/jangan lupa untuk meluluskan siswa yang sudah lulus (Peserta Didik Kelompok B Tahun Pelajaran 2015/2016), dan kemudian memindahkan Peserta Didik ke rombongan belajar baru sebelum memulai pengisian data yang lain.
Berikut cara instalasi Aplikasi Dapodik Paud Dikmas Versi 3.0.0 Tahun 2016 : 
  • Download dan Instal Aplikasi Dapodik PAUD, pastikan anda mendownload dari halaman resmi di http://dapo.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/.  
  • Buka aplikasi akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini
  • Pilih menu Registrasi (lakukan secara online) dan pastikan Jaringan berjalan baik.

  •  Isilah data dengan benar mulai dari nama, email dsb. pastikan email dan Pasword serta Kode Registrasi sesuai dengan email dan pasword yang digunakan pada aplikasi semester sebelumnya  (lihat gambar dibawah ini) :


  •  Setelah semua data terisi dengan benar, pilih simpan (lakukan secara online), secara otomatis apa bila data terisi dengan benar, Aplikasi akan meregistrasi dan mendownload otomatis data prefill, pastikan aplikasi berjalan sampai 100% (lihat gambar dibawah ini ) :

  •  Setelah proses registrasi selesai, kemudian buka aplikasi dan login sesuai user dan Pasword pada saat registrasi
  • Setelah anda login, aplikasi Dapodik PAUD versi 3.0.0 tahun 2016 dengan tampilan barunya siap untuk dikerjakan. Cek  dan entri kelengkapan data. sebelum kita melakukan entri data alangkah baiknya persiapkan dulu semua data pendukung untuk memudahkan kita mengentri data.




    Ada beberapa perubahan yang terdapat di Aplikasi Dapodik PAUD versi 3.0.0, antara   lain :

  • [Pembaharuan] Thema Aplikasi
  • [Pembaharuan] Tampilan Login
  • [Pembaharuan] Tampilan Registrasi
  • [Pembaharuan] Penambahan Isian (Field) Layak PIP di Peserta Didik
  • [Pembaharuan] Penambahan (Field) Bank, Rekening Bank dan Rekening atas nama di Peserta Didik
  • [Pembaharuan] Penambahan Isian (Field) No peserta pada data rincian PTK Nilai Test
  • [Pembaharuan] Penambahan Isian (Field) NPWP pada Lembaga
  • [Pembaharuan] Penambahan Isian (Field) NPYP(Nomor Pokok Yayasan Pendidikan) pada yayasan
  • [Pembaharuan] Penambahan Isian (Field) Riwayat Kerja pada data rincian PTK
  • [Pembaharuan] Penambahan Isian (Field) Spesifikasi, Hapus buku, Alasan hapus buku, Asal data pada Sarana
  • [Pembaharuan] Penambahan Isian (Field) Sk Tunjangan, Tgl Sk Tunjangan dan Semester di data rincian ptk Tunjangan
Demikian cara melakukan instalasi Aplikasi Dapodik PAUD versi 3.0.0. Selamat mengerjakan ! Pengalaman tahun sebelumnya adalah modal utama sukses mengerjakan dapodik, baca juknis dan manual pengerjaannya, selalu aktif di media sosial(group pendataan PAUD Dikmas) agar selalu update informasi terbaru. 
Ingat ! Malu bertanya sesat dijalan, Tidak perlu terburu-buru, slowly, aman dan terkendali.  semua Aplikasi dibuat bukan untuk membuat kita sulit, justru semakin membuat kita mudah. BACA-PAHAMI-KERJAKAN. Lupakan GEDER, yang tidak berujung, tetap semangat saling berbagi, Semoga bermanfaat !

Panduan/Manual Aplikasi Dapodik PAUD Versi 3.0.0 bisa didonlot DI SINI

Wis ora Jamane DAPODIK GEGER Gawe Mbokene PUSING !
#Salam Si Bolang








1 komentar:

 
back to top