Sahabat operator, berbagai permasalahan seputar dapodik yang sering muncul, pasti ada solusi dan jawabannya. Berikut pertanyaan yang sering muncul berkaitan dengan aplikasi Dapodik, kami rangkum semoga bisa membantu rekan-rekan operator sekolah dalam mengerjakan dapodik
T A N Y A - J A W A B
SEPUTAR APLIKASI DAPODIK VERSI 2016
Apa itu Aplikasi Dapodik?
Sistem Aplikasi Dapodik adalah aplikasi penjaring
data pokok pendidikan pada kelompok jenjang pendidikan dasar dan menengah
di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Entitas
data pokok tersebut meliputi sekolah termasuk sarana dan prasarana,
Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK), Peserta Didik dan
Proses Pembelajaran di dalam rombongan belajar (Rombel).
Mengapa sekolah harus menggunakan Aplikasi Dapodik?
Berdasarkan Instruksi Menteri Pendidikan Nasional
Nomor 2 Tahun 2011 serta Surat Edaran Menteri mengenai aplikasi pendataan di
lingkungan Kemendikbud, dinyatakan bahwa Aplikasi Dapodik merupakan aplikasi
resmi yang digunakan untuk menjaring data pokok pendidikan dasar dan menengah. Data
dari Aplikasi Dapodik akan digunakan sebagai acuan data dalam program-program Kemendikbud
di tingkat pendidikan dasar dan menengah seperti: pemberian Nomor Induk Siswa
Nasional (NISN), Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Bantuan Siswa Miskin (BSM),
tunjangan guru, Ujian Nasional, dan program-program lainnya. Oleh karena itu
sekolah harus berpartisipasi aktif dalam kegiatan pendataan Dapodik.
Apa akibatnya jika sekolah menolak menggunakan Aplikasi Dapodik?
Data Aplikasi Dapodik digunakan sebagai acuan data
dalam program-program Kemendikbud di tingkat pendidikan dasar. Apabila sekolah
tidak berpartisipasi aktif, maka sekolah akan rugi karena data milik mereka
tidak akan sampai ke Kemendikbud. Sekolah tersebut otomatis tidak akan
tersentuh program-program Kemendikbud.
Bagaimana tahapan update aplikasi ke
versi 2016?
- Unduh aplikasi versi terbaru (versi 2016) di laman resmi Dapodikdasmen: http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/
- Instal aplikasi versi 2016
- Buat folder di direktori C:/ prefill_dapodik
- Generate prefill lalu unduh dan simpan di folder prefill_dapodik
- buka aplikasi
- Registrasi dengan prefill yang baru (online atau offline)
- Selesai
Apa perubahan di versi 2016?
Selain penggabungan aplikasi Dapodikdas dan
Dapodikmen menjadi satu, ada juga perubahan antar-muka (user-interface) yang
sangat berbeda dari aplikasi sebelumnya. Kemudian ada beberapa penambahan isian
yang bisa dilihat di aplikasi Dapodik versi 2016 ini.
Apakah username dan password harus
diganti dengan yang baru?
Tidak perlu, tetap menggunakan username dan
password yang lama saja, tapi jika menemukan masalah yang mengharuskan, maka
bisa mengganti username dan password.
Peringatan sebagian data tidak masuk, apa
yg harus dilakukan?
Silakan lakukan generate ulang prefill dan
registrasi ulang. Bila belum berhasil, silakan hubungi dinas kabupaten/kota
setempat.
Perbedaan versi 2016 dengan versi
sebelumnya ?
- Secara garis besar perubahan yang bisa terlihat adalah penggabungan aplikasi
- Dapodikdas dan Dapodikmen menjadi satu aplikasi yaitu aplikasi Dapodik, selain itu terdapat perubahan tampilan antarmuka dan penambahan beberapa isian.
- Penambahan tabulasi Sekolah Aman.
- Membuka periode aktif semester 1 tahun ajaran 2016/2017
- Pengelompokkan validasi
- Pengisian lebih rinci terkait pendataan PIP
Apa yang harus dilakukan oleh operator
sekolah untuk memulai pendataan semester ganjil dengan menggunakan versi 2016?
- Install aplikasi versi 2016
- Registrasi dengan cara online/offline. Prefill digunakan pada saat melakukan registrasi offline.
- Mulai update data : anggota rombel, pembelajaran, dan data periodik lainnya (selengkapnya dapat dibaca di buku manual aplikasi)
Tidak, harus lakukan generate ulang prefill sebelum
memulai proses pendataan (jika registrasi menggunakan metode offline). Jangan
di biasakan mengoleksi prefill, hendaknya melakukan generate ulang prefill
ketika akan memulai pendataan.
Bagaimana untuk sekolah baru, sekolah
merger dan sekolah yang sudah tutup?
Laporkan ke dinas pendidikan kab/kota setempat
untuk di teruskan ke pusat selanjutnya admin pusat yang akan melakukan
tindaklanjut permasalahan tersebut.
Apakah aplikasi ini masih bersifat mampu
bekerja dalam keadaan offline?
Ya, mekanisme tersebut masih tetap berlaku di versi
ini untuk meakomodir untuk sekolahsekolah yang memiliki keterbatasan akses
internet.
Kapan paling lambat pengiriman data
dapodik?
Pengiriman dapodik sudah di atur dalam aplikasi per
semester.
Kapan masa berlaku aplikasi versi 2016?
Masa berlaku aplikasi versi 2016 berakhir pada
tanggal 31 Desember 2016. Selanjutnya, nanti akan diumumkan updater aplikasi
selanjutnya.
Ketika data masih invalid ( warna merah )
apakah masih bisa syncron?
Tidak. Pastikan seluruh data yang berwarna merah
sudah bersih, hal ini di maksudkan untuk meningkatkan kualitas data yang
dikirimkan oleh sekolah.
Lalu apa yang harus dilakukan ketika
masih ada data yang invalid ( warna merah )?
Perbaiki sesuai dengan data invalidnya, lakukan
validasi kembali, lalu sinkronisasi.
Jika peringatan warning ( warna kuning )
apakah bisa melakukan sinkronisasi?
Bisa. Untuk yang bertanda warning masih bisa
diberikan keringanan untuk pengiriman data masih di ijinkan, namun demikian
diharapkan peringatan warna kuning tersebut di perbaiki sampai bersih
validasinya.
Apa yang dimaksud dengan data periodik,
lalu bagaimana cara mengisinya?
- Data periodik adalah data yang harus diupdate setiap periode semester tahun pelajaran, data semester lalu akan tersimpang sebagai histori dan data semester selanjutkan harus diisikan ulang karena dimungkinkan sekali akan mengalami perubahan kondisi.
- Cara mengisi dapat dilakukan secara manual (input ulang) atau menggunakan fitur yang sudah di sediakan pada action menu lanjutkan data periodik PD atau PTK, data yang tersalin secara otomatis dari semester ganjil ke semester genap.
- Bisa menggunakan fitur mutasi online (tarik PD online melalui website dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id) atau mutasi manual (input ulang pada aplikasi),fitur ini bersifat pilihan.
- Tidak boleh melakukan mutasi manual (input ulang pada aplikasi), jika sudah melakukan mutasi online (tarik PD online).
Jika ada PTK mutasi/mencari jam tambahan
di sekolah lain apa yang harus dilakukan?
Bisa menggunakan fitur mutasi PTK online (tarik PTK
online melalui website dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id), agar sekolah baru tidak
perlu menambahkan/ inputkan PTK di sekolah baru/ sekolah ke 2 secara manual.
Ketika sinkronisasi, berapa lama data
masuk ke dalam server?
Data masuk kedalam database dan profil sekolah
secara realtime, tapi untuk agregat data muncul dalam waktu 1x24 jam.
Penggunaan kurikulum 2013 tidak diizinkan
pada aplikasi Dapodik?
Laporkan sekolah kepada dinas pendidikan di
daerahnya agar dilaporkan kepada Puskurbuk untuk di daftarkan agar bisa
melanjutkan Kurikulum 2013.
Bagaimana cara merubah nama operator pada aplikasi
dapodik?
Lakukan pengupdatean data pengguna pada Manajemen
Pengguna. Ada pada menu Pengaturan >> tabel pengguna >> masukan
kode registrasi >> lakukan perubahan penggantian nama pada manajemen
pengguna
Sekolah kami berstatus Negeri, tapi
kenapa menerima BOS = Tidak?
Perbaiki data isian menerima BOS di data rinci
sekolah.
Bagaimana cara mengupdate versi aplikasi?
Cek koneksi internet harus terhubung ke internet.
Lakukan pengupdatean versi melalui menu pengaturan kemudian pilih Cek
Pembaruan, jika laptop dalam keadaan online/terhubung internet. Maka akan
terunduh secara otomatis.
NISN tidak muncul di aplikasi Dapodikmen?
Cek kembali penginputan pada vervalpd apakah sudah
melakukan konfirmasi data, jika pada vervalpd belum melakukan konfirmasi data
maka data NISN siswa tidak akan muncul pada aplikasi Dapodikmen.
Bagaimana cara mengajukan NUPTK melalui dapodik?
- Lakukan pengisian dapodik secara benar.
- Kosongkan tabel NUPTK pada aplikasi dapodik (yang belum mempunyai NUPTK), dan yang akan memvalidasi adalah pihak dari PDSP akan di terbitkan sesuai dengan kebutuhan guru di daerahnya masing-masing dan sesuai dengan pengajuan dari Direktorat GTK.
Apakah validasi dan sync mengalami
perubahan?
Tidak ada perubahan, sama dengan semester 2, baik
cara dan metodologinya.
Apakah data yg invalid (merah) mencegah
pengiriman data (sync)?
Ya. Data invalid akan mencegah pengiriman data
(sinkronisasi).
Jika ingin berpindah komputer atau laptop
untuk mengerjakan Aplikasi Dapodik, apa yang harus dilakukan?
· Di komputer
yang baru: generate ulang prefill baru, lalu instal aplikasi dan registrasi
seperti biasa. Maka akan muncul data hasil sinkronisasi terakhir;
·
Di komputer
yang lama lakukan uninstall aplikasi;
·
Jika tidak
dilakukan tahapan seperti di atas, akan terjadi data berganda.
Apa definisi data prefill?
Prefill adalah data sekolah beserta isinya yang
telah “compressed” menjadi prf file. Prefill ini adalah database sekolah hasil
pengiriman terakhir Dapodik. Prefill ini dimaksudkan agar data tahun ajaran
sebelumnya dapat berlanjut ke data tahun ajaran berjalan. Selain itu agar
operator sekolah tidak melakukan input data untuk kedua kalinya.
Apakah fungsi data prefill?
Data prefill berfungsi untuk registrasi dan berisi
data-data sekolah yang telah dimasukkan pada aplikasi sebelumnya.
Apa yang dimaksud dengan generate data
prefill?
Updating data awal prefill dengan hasil
sinkronisasi terakhir ke server. Sehingga data prefill menjadi ter-update
dengan data kiriman ke server terakhir.
Dimana dapat difasilitasi untuk melakukan
generate prefill?
Generate prefill bisa dilakukan oleh operator
tingkat sekolah. Alamat untuk generate prefill adalah: http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/prefill.
Fasilitas ini semacam simpan lokal secara nasional.
Jika komputer bermasalah (hilang, rusak,
atau ganti komputer) apa yang harus dilakukan?
Lakukan generate ulang prefill, unduh, lalu lakukan
prosedur instalasi seperti prosedur awal instalasi. Dengan demikian, pada
aplikasi lokal sekolah akan mucul data hasil kiriman sekolah yang terakhir. Hal
ini penting dan perlu dilakukan agar operator tidak menginput data dari awal
lagi. Jika prosedur ini tidak dilakukan dikhawatirkan datanya akan ganda/duplikasi,
karena data di server sudah pernah ada.
Apakah dapat menggunakan data prefill
tahun ajaran sebelumnya?
Tidak bisa, karena struktur berbeda dan data tahun
sebelumnya sudah melalui proses “cleansing”/pembersihan data. Pastikan Anda
menggunakan data prefill terbaru untuk melakukan proses input data di tahun
ajaran baru.
Data apakah yang diinputkan saat
registrasi?
·
Nama
Lengkap
·
Username
(email)
·
Password
·
Konfirmasi
Password
·
Kode
Registrasi
· Nama :
Lakukan input sesuai nama lengkap operator sekolah sebagai PIC (penanggung
jawab teknis data sekolah)
· Username
(email) : usahakan unik, maksudnya 1 sekolah menggunakan 1 email yang berbeda
dengan yang lain.
· Nomor
telepon : ini adalah nomor handphone operator sekolah, diawali 08xxx… ini
sebagai narahubung jika ada informasi.
·
Kode
registrasi : pastikan kode registrasi ini adalah milik sekolah Anda.
Apa yang harus dilakukan jika saat
registrasi muncul keterangan “kode registrasi tidak ditemukan”?
Cek pada folder prefill yang ada di C:/
prefill_dapodik, apakah prefill-nya sudah diunduh dan disimpan pada folder tersebut atau belum.
Kalau belum maka segera unduh prefill-nya pada alamat
http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/ pada bagian unduhan Download
Data Prefill, kemudian masukkan kode registrasi.
Setelah itu klik unduh di tulisan sini. Langkah selanjutnya simpan di folder
C:/ prefill_dapodik.
Apa yang harus dilakukan jika saat registrasi
muncul keterangan “beberapa data tidak masuk’’ Hubungi KKDatadik kabupaten
masing-masing atau hubungi Customer Service Dapodik pusat.
Apa yang harus dilakukan jika di Beranda
terdapat keterangan “kepsek belum dipilih”?
Silakan buka Aplikasi Dapodik, lalu pada tab PTK
pilih nama Kepseknya, lalu klik tombol ubah. Lihat pada bagian rincian data PTK
pada tab Tugas Tambahan, di situ klik tambah lalu masukkan data kepseknya.
Setelah semua data selesai diinput, kemudian klik simpan.
Dapatkah 1 komputer digunakan untuk
mengentri data lebih dari 1 sekolah?
Bagi lembaga yang menaungi dua sekolah bisa
mengerjakan pengisian data dalam 1 laptop.
Cara pengerjaannya:
- Siapkan kode registrasi dan file prefill semua sekolah yang akan dimasukkan
- File prefill kedua sekolah tersebut dimasukkan ke folder dengan nama prefill_dapodik di drive C;
- Siapkan user/email yg berbeda untuk setiap sekolah, jangan menggunakan user dan password yang sama;
- Lakukan registasi sekolah pertama;
- Login menggunakan user dan password sekolah pertama;
- Lakukan registrasi peserta didik, dan isi penugasan PTK terlebih dahulu;
- Lakukan registrasi sekolah kedua;
- Login menggunakan user dan password sekolah kedua;
- Isi registrasi peserta didik, dan isi penugasan PTK; Dst.
Dapatkah entri satu data sekolah
dikerjakan oleh beberapa operator pada laptop berbeda?
Untuk mempermudah pengerjaan satu sekolah bisa
dikerjakan oleh beberapa orang operator dengan menggunakan laptop yang berbeda.
Caranya dengan menggunakan LAN atau IPCONFIG yang di-share oleh Laptop/PC
server. Akan tetapi untuk melakukan sinkronisasi hanya bisa dilakukan oleh komputer utama yang dijadikan
server.
Bagaimana jika setelah dipindahkan ke
tabel utama, data PTK/Peserta Didik hilang?
Bila setelah menambahkan data PTK atau Peserta
Didik baru, baik itu pindahan atau baru, datanya tidak tampil di tabel utama,
silakan lakukan sinkronisasi untuk mengambil data dari server agar SP (Store
Prosedure) berjalan dan PTK/Peserta Didik bisa tampil di tabel utama. Atau klik
Action Menu lalu pilih PTK “belum penugasan”, atau tampilkan data peserta didik
belum registrasi dan lakukan refresh dengan menekan tombol ctrl+f5,
Apa solusinya jika terjadi kesalahan
input nama, tanggal lahir, dan NISN peserta didik?
Bisa diedit atau diperbaiki melalui vervalpd.data.
kemdikbud.go.id Setelah melakukan edit data, silakan sinkronisasi agar
perubahan turun ke lokal (Aplikasi Dapodik di sekolah).
Kenapa data individu Peserta Didik, PTK,
dan rombongan belajar berbeda antara Aplikasi Dapodik dan server?
Kesalahan jumlah biasanya terjadi karena pengisian
data di aplikasi double, atau terjadi duplikasi data di server. Cara
menormalkannya, silakan lakukan generate prefill, lalu instal ulang aplikasinya
dan lakukan registrasi dengan menggunakan username dan password yang sama.
Setelah itu lakukan sinkronisasi.
Bagaimana jika sekolah kami ingin
melakukan merger dengan sekolah lain?
Silakan hubungi dinas kabupaten/kota setempat
dengan menyerahkan SK Penggabungan dari dinas, atau bisa melalui email resmi
yang tertera di http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/,
Lampirkan SK dan data pendukung yang diperlukan serta daftar data yang akan digabungkan.
Bagaimana cara mendapatkan kembali data
yang telah kita isi bila laptop dan PC terkena virus atau hilang?
Data bisa diambil kembali apabila sekolah pernah
melakukan sinkronisasi sebelumnya. Data bisa diambil dengan melakukan generate
prefill yang bisa dilakukan sekolah sendiri atau melalui dinas kabupaten/kota.
Setelah di generate, silakan instal aplikasinya dan lakukan registrasi dengan
username dan password yang sama.
Bagaimana parameter sinkronisasi yang
berhasil?Pada kotak perubahan apa saja yang sebelumnya
berisi pemberitahuan data yang sudah ditambah, update, hapus akan tertera di
situ. Jika parameter sinkronisasi berhasil maka kota perubahan tersebut hilang.
Di mana kita dapat mengecek hasil
pengiriman sinkronisasi Aplikasi Dapodik?
Pengecekan data individu sekolah bisa dilakukan di
laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/. Pilih menu “Progres Pengiriman”.
Pilih provinsi lalu kabupaten serta kecamatan tempat sekolah berada. Pilih nama
sekolah lalu masukkan kode registrasi jika hendak melihat data individu sekolah
hasil pengiriman dari Aplikasi Dapodik.
Jika sekolah saya masuk ke dalam validasi
Rombel berganda, apa yang harus dilakukan?
- Lakukan generate ulang prefill yang baru, registrasikan dengan prefill baru tersebut dengan username dan password berbeda atau sama (tidak masalah);
- Periksa Rombel, maka akan tampak Rombel yang berganda tersebut;
- Keluarkan anggota Rombel, hapus pembelajaran, kemudian Rombel dapat dihapus
Tidak boleh dihapus, tapi registrasikan siswa
tersebut, isi alasan keluar karena……(sesuaikan dengan pilihan) di tabel
registrasi peserta didik. Maka peserta didik akan berpindah ke tabel peserta
didik keluar dengan alasan sesuai pilihan.
Untuk siswa masuk atau pindahan dari
sekolah lain bagaimana?
Tambahkan peserta didik seperti prosedur awal
diinputkan sesuaikan dengan surat mutasi atau pindahnya, bisa melalui tambah
peserta didik secara online atau tambah peserta didik secara offline Jangan
lupa dimasukkan ke dalam rombongan belajar dengan status siswa pindahan dan
jenis pendaftaran pindahan di registrasi peserta didik.
Bagaimanakah mekanisme penambahan peserta
didik baru atau mutasi?
Prosedur tambah peserta didik baru :
- mekanisme offline (sama dengan seperti yang sebelumnya)
- mekanisme online
- mekanisme online ini dengan menggunakan web dapo.dikdas.kemdikbud.go.id
- tujuan PD baru online agar siswa yang pernah terdaftar di server dapodik dapat di tarik ke dalam aplikasi tanpa input dari awal lagi
- prosedur ini hanya untuk siswa yang sudah lulus dari SD atau mutasi dari sekolah lain prosedur ini hanya bisa di eksekusi jika PD yang lama sudah di mutasi / lulus dari sekolah lama
- prosedur ini tidak berlaku bagi siswa kelas 1 SD yang mengeksekusi prosedur
- ini adalah sekolah baru/tujuan
Tahapan :
Ø buka web dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id
Ø fitur mutasi/PD baru
Ø cari siswa yang di maksud (berdasarkan nama/nisn)
di sekolah lama
Ø pilih siswa yang di maksud dan konfirmasi
Ø pastikan siswa yang dipilih sesuai dengan yang
dimaksud
Ø lakukan sync dari aplikasi dapodik sekolah
Ø siswa yang di maksud akan turun ke lokal
Ø mapping siswa tsb ke dalam rombel yang sesuai
Kenapa “Sts” peserta didik bertanda seru
(!) dan berwarna merah?
Karena peserta didik tersebut belum
diregistrasikan, maka silakan registrasikan peserta didik tersebut sesuai
tanggal masuk ke sekolahnya.
Untuk siswa lulus bagaimana?
Tidak boleh dihapus, tapi registrasikan siswa
tersebut. Isi alasan keluar karena lulus di tabel registrasi peserta didik.
Maka peserta didik akan berpindah ke tabel peserta didik keluar dengan alasan
lulus.
Untuk siswa tinggal kelas bagaimana?
Tidak boleh dihapus, Masukkan siswa tersebut ke
dalam Rombel dengan pendaftaran mengulang.
Untuk siswa yang keluar atau putus
sekolah bagaimana ?
Tidak boleh dihapus, tapi registrasikan siswa
tersebut, isi alasan keluar karena putus sekolah di tabel registrasi peserta
didik. Maka peserta didik akan berpindah ke tabel peserta didik keluar dengan
putus sekolah.
Mengapa data peserta didik pindahan yang
telah diinput tidak bisa di-mapping ke Rombel yang seharusnya, justru terbaca
sebagai siswa kelas I ?
Bila siswa pindahan tidak bisa di-mapping ke
Rombel, berarti kesalahan pada proses penambahan siswa. Pada tabel peserta
didik SD terdapat dua jenis tambahan, 1 tambah siswa kelas I, dan tambah. Untuk
peserta didik pindahan harus dientri di tabel tambahan, sedangkan untuk
kelas I dientri di tambah siswa kelas I.
Bagaimana jika ada kesalahan pengisian
nama dan tanggal lahir siswa di tabel peserta didik ?
Untuk memperbaiki kesalahan entri melalui
vervalpd.data.kemdikbud.go.id dan login menggunakan akun yang sudah registrasi
di sdm.data.kemdikbud.go.id.
Apakah PD harus di-mapping ulang di dalam
tabel Rombel ?
Jika menggunakan fasilitas action menu kenaikan
kelas maka siswa tidak perlu di mapping ulang dengan catatan peserta didik
tidak diacak atau dirandom. Bila menggunakan pilihan buat rombel baru maka
peserta didik harus dimapping ulang didalam rombel.
Apakah penerbitan Nomor Induk Siswa
Nasional (NISN) masih menggunakan Aplikasi Dapodik?
Ya. Mekanisme pengumpulan datanya masih tetap
dengan Aplikasi Dapodik dan vervalpd.
Jika ada siswa yg mutasi (pindah sekolah
atau baru), bagaimana mekanismenya?
Untuk siswa yang mutasi dan lulus dari SD bisa
menggunakan fasilitas mutasi online yang terdapat di profil sekolah setelah
login sebagai operator sekolah di laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/,
dengan syarat siswa tersebut sudah dimutasikan atau diluluskan dari sekolah
asal.
Bagaimana mekanisme jika ada kesalahan
penulisan Nama, tanggal Lahir, NUPTK pada data PTK?
Untuk memperbaiki kesalahan entri melalui
vervalptk.data.kemdikbud.go.id dan login menggunakan akun yang sudah registrasi
di sdm.data.kemdikbud.go.id.
Mengapa masa kerja golongan atau pangkat
PTK tidak sesuai dengan yang dientrikan?
Masa kerja golongan atau pangkat diambil dari tabel
riwayat pangkat dan golongan pada Tanggal Mulai Tugas (TMT) golongan atau
pangkat. Bila TMT Golongan lebih muda dari Pangkat, maka Masa Kerja Golongan
yang diambil. Akan tetapi bila TMT Pangkat lebih muda, maka Masa Kerja Golongan
yang diambil.
Kenapa pada saat ubah PTK dan Save tidak
berhasil muncul keterangan “field masih ada yang merah’’?
ini biasanya terjadi pada sekolah swasta, ganti
status pegawaian menjadi PNS dan cek kembali pada isiannya seperti NIP, SK
CPNS, SK PNS jika masih ada yang merah dihapus, setelah itu pilih kembali ke
status pegawainnya yang asli seperti GTY.
Bagaimana cara pengaturan Jumlah Jam
Mengajar (JJM) di dalam Rombel?
Ikuti peraturan pada pengaturan jam sesuai dengan
peraturan menteri tentang kurikulum dan pelajari modul validasi pengisian data
PTK dari Direktorat GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan)
Kenapa isian Rombel di tabel peserta
didik tidak bisa diedit?
Untuk mengedit isian Rombel pada tabel peserta
didik, lakukan registrasi terlebih dahulu bila peserta didiknya belum
diregistrasi. Setelah itu klik tabel rombongan belajar, pilih kelas, lalu klik
anggota Rombel. Kemudian pilih nama dan mapping ke Rombel ya. Setelah itu
lakukan refresh dengan cara menekan tombol ctrl+f5.
Apakah Rombel harus dihapus untuk mengubah KTSP
2006 ke Kurikulum 2013, begitu juga sebaliknya?
Tidak. Cukup dengan mengganti kurikulumnya saja dan
mengedit kembali
pembagian PTK Mengajar sesuai dengan struktur
kurikulum yang digunakan.
Bagaimana langkah mengganti kurikulum
agar tidak perlu menghapus Rombelnya?
- Silakan pilih Rombelnya, ganti kurikulum yang sesuai dengan mengklik kolom
- kurikulum. Setelah diganti, klik simpan.
- Refresh atau tekan CTRL + F5.
- Klik Rombelnya, lalu klik pembelajaran .
- Setelah muncul pembelajarannya, silakan edit sesuai dengan struktur kurikulum yang digunakan baik itu KTSP atau Kurikulum 2013 lalu klik simpan.
Jika siswa mendapatkan kiriman kartu KIP,
apa yang harus dilakukan?
Inputkan nomor kartu KIP didalam aplikasi Dapodik
lalu sinkronkan ke server. Direktorat Pembinaan SD/SMP/SMA/SMK akan melakukan
verifikasi dan menerbitkan SK kepada siswa yang menerima selanjutnya pihak bank
yang ditunjuk akan melakukan pencairan dana PIP sesuai dengan SK yang
diterbitkan.
Di aplikasi Dapodik mendapat kiriman nomor
KIP secara otomatis dari server pusat, sedangkan no. KIP tersebut berbeda
dengan kertu yang diterima. Apa yg harus dilakukan?
Ganti isian nomor KIP di aplikasi dapodik dari
pusat dengan nomor KIP sesuai dengan kartu yang diterima.
Jika nama yang tertera di KIP berbeda
dengan nama yang sebenarnya, apa yang harus dilakukan?
Isi di kolom isian "nama yang tertera di
kartu" di tabel peserta didik, untuk diprogramkan cetak ulang kartu.
Semula isian nomor KIP bergabung dengan
isian di kolom KPS/PKH/KKS. Apa yang harus dilakukan?
Secara sistem nomor KIP yang bergabung di kolom
KPS/PKH/KKS akan dimigrasikan secara otomatis ke kolom nomor KIP, namun jika
masih ditemukan belum berpindah maka pindahkan nomor isian tersebut ke kolom
nomor KIP.
Jika siswa mendapat kiriman kartu KIP
namun menolak dengan alasan tertentu, apa yang harus dilakukan?
Isi alasan menolak KIP di aplikasi Dapodik pada
tabel peserta didik dengan memilih alasannya (menolak, sudah mampu, dilarang
pemda karena mendapat bantuan serupa).
Jika ada anak miskin tidak memiliki kartu
KIP/PKH/KKS/KPS namun ingin diusulkan mendapat bantuan dana PIP, apa yang harus
dilakukan?
Isi kolom layak PIP sesuai dengan kriterianya di
aplikasi Dapodik.
Untuk memeriksa hasil inputan terkait
PIP, apa yang harus dilakukan?
Manfaatkan fasilitas export yang tersedia di tabel
peserta didik. Periksa kembali isian nomor KIP dan kelayakan PIP.
Nama Peserta Didik Kosong atau tanpa
hurup vocal :
· Cek kembali
nama Peserta didik di tabel utama pada aplikasi dapodik bila ditemukan
·
nama yang
tidak sesuai lakukan editing data
·
Setelah
selesai lakukan sinkronisasi agar data di server berubah.
Nama Peserta Didik dengan tanda baca atau
symbol :
· Cek kembali
nama Peserta didik di tabel utama pada aplikasi dapodik bila ditemukan nama
yang ada tanda baca atau simbolnya lakukan editing data
·
Setelah
selesai lakukan sinkronisasi agar data di server berubah.
Status honor mengisi pangkat dan golongan
·
Masuk ke
aplikasi dapodik pilih tabel PTK, pilih PTK honorer yang terdeteksi memiliki pangkat
dan golongan klik ubah cek di tabel Riwayat Kepangkatan bila terisi silahkan hapus
datanya.
·
Lakukan
sinkronisasi agar data perubahannya terkirim ke server dapodikas.
PNS pangkat dan golongan kosong
· Masuk ke
aplikasi dapodik pilih tabel PTK, pilih PTK PNS yang terdeteksi pangkat dan golongan
kosong klik ubah cek di tabel Riwayat Kepangkatannya lengkapi data kepangkatannya
sesuai dengan SK Kepangkatan yang dimiliki oleh PTK tersebut.
·
Lakukan
sinkronisasi agar data perubahannya terkirim ke server dapodikas.
Kepsek belum dipilih
- Bila pada beranda aplikasi dapodik terdeteksi Kepsek belum dipilih maka cek ditabel PTK klik nama PTK yang menjabat sebagai kepala sekolah lalu cek tugas tambahan ptk tersebut bila masih kosong silahkan isi sesuai dengan sk kepala sekolahnya
- Bila tugas tambahan sudah terisi tapi masih tervalidasi cek diisi table tugas tambahan pada kolom ‘TST’ bila terisi artinya terhitung selesai tugas berarti sudah tidak menjabat sebagai kepala sekolah maka hapus TST tersebut setelah itu refresh / tekan ctrl+f5 lalu cek dibranda ya.
Kepsek Ganda
Bila pada beranda aplikasi dapodik terdeteksi
Kepsek terhitung lebih dari 1 berarti terdapat 2 PTK yang memiliki tugas
tambahan sebagai kepala sekolah, untuk menghilangkannya buka tabel PTK klik
nama PTK yang sudah tidak menjabat kembali sebagai Kepala sekolah, klik ubah
cek di data priodik lalu klik tugas tambahan klik TST Tugas tambahan dan isi
setelah itu setelah itu refresh / tekan ctrl+f5 Setelah diperbaiki silahkan
sinkronisasi agar data yang telah dirubah dapat turun ke aplikasi.
Bagaimana Kalau Nomor rekening BOS kosong ?
- Login ke Aplikasi dapodik cek ditabel sekolah apakah sudah terisi atau belum nomor rekeningnya, bila sudah diperbaiki dan disinkronkan tapi hasilnya diaplikasi masih belum terisi maka lakukan langkah berikut
- Lakukan generate ulang prefill yang baru, registrasikan dengan prefill baru tersebut dengan username dan password berbeda atau sama (tidak masalah);
- Lalu cek kembali ditabel sekolahnya dan diisi nomor rekening BOS nya.
Rombel ganda (Tingkat dan Nama rombel
sama)
- Lakukan generate ulang prefill yang baru, registrasikan dengan prefill baru tersebut dengan username dan password berbeda atau sama (tidak masalah);
- Periksa Rombel, maka akan tampak Rombel yang berganda tersebut;
- Keluarkan anggota Rombel, hapus pembelajaran, kemudian Rombel dapat dihapus.
Sumber : http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/
Banyak-banyaklah membaca, semakin lama dunia teknologi semakin berkembang, untuk bisa mengikuti perkembangan itu hanya membaca dan mencoba kita akan bisa
#salam sibolang
apakah bermasal pada dopodik nantinya jikalau kita input ulang siswa yang di mutasikan dari sekolah lainya
BalasHapus